Forum Perangkat Daerah Penyusunan Rencana Kerja (RENJA) Tahun 2020

08Apr

Forum Perangkat Daerah Penyusunan Rencana Kerja (RENJA) Tahun 2020

Kegiatan Forum Perangkat Daerah dan Penyusunan Rencana Kerja (Renja) Tahun 2020 Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara dilaksanakan pada Kamis, 4 April s/d 6 April 2019 di Hotel grand Kanaya-Medan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Utara, Perwakilan  Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara, Perwakilan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Sumatera Utara, Perwakilan Kepala Balai Veteriner Medan, Perwakilan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumatera Utara, Perwakilan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, Kepala Bappeda Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Utara, Kepala Dinas dan staf yang membidangi fungsi Ketahanan Pangan dan Peternakan Kabupaten/Kota se-Provinsi Sumatera Utara, serta jajaran Pejabat Eselon III dan IV Lingkup Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara.

Pertemuan ini diselenggarakan sebagai bagian dari rangkaian/tahapan penyusunan Rencana Kerja Tahunan sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 yang mengatur tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, evaluasi rancangan peraturan daerah terkait Rencana Pembanguan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), serta tata cara perubahannya.

Selaras dengan rancangan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2020, Visi RPJMD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018-2023 yaitu “Sumatera Utara Yang Maju, Aman dan Bermartabat”, dan lima misi yaitu: Mewujudkan Masyarakat Sumatera Utara yang Bermartabat dalam Kehidupan; Bermartabat dalam Politik; Bermartabat dalam Pendidikan; Bermartabat dalam Pergaulan dan Bermartabat dalam Lingkungan, dengan Sasaran Utama “Membangun Desa Menata Kota”. Maka yang menjadi tema RKPD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2020 yaitu: “Peningkatan Produktivitas dan Daya Saing Pembangunan Sumatera Utara yang Bermartabat”.

Salah satu program prioritas yang akan dilaksanakan adalah pengembangan kawasan agribisnis berbasis korporasi yang terintegrasi yaitu memadukan penggunaan ruang dan segenap sumber dayanya secara fungsional untuk mendorong sektor pertanian strategis agar tercapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan mempunyai linkages positif dengan wilayah sekitarnya. Sekaitan hal tersebut Dinas Kab/Kota bersama Bappeda Kab/Mota melakukan penyusunan rencana kawasan agribisnis di wilayahnya masing-masing untuk mendudkung program tersebut, sehingga Sumatera Utara memiliki kawasan komoditas unggulan.

Semua peserta Forum sangat berpartisipasi dan banyak memberikan masukan, saran serta usulan kegiatan dalam rangka penajaman sasaran program dan kegiatan prioritas yang akan dituangkan dalam Rancangan RKPD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2020.

BERITA TERKINI