Hewan Peliharaan Anda Sakit? Bawa Saja Ke Klinik Hewan! Gratis Lho…

02Apr

Hewan Peliharaan Anda Sakit? Bawa Saja Ke Klinik Hewan! Gratis Lho…

Ya betul, kabar gembira bagi masyarakat seluruh Sumatera Utara. Telah hadir dan siap melayani anda terkait dengan masalah kesehatan hewan. Yaitu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Klinik Hewan DInas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara Jl. Jend. Gatot Subroto KM. 7 No. 255 persis di seberang KODAM. Pelayanan setiap hari jam7.30-16.00 (jam dinas).

UPT Klinik Hewan ini didirikan didasari meningkatnya animo masyarakat dalam memelihara hewan kesayangan seperti Anjing, Kucing, Kelinci, Burung bahkan hewan liar dan eksotik seperti: Iguana dan Ular sudah menjadi suatu kebutuhan gaya hidup dan sebagai pelengkap kejiwaan bagi masyarakat. Namun dibalik itu tentu saja juga diikuti dengan peningkatan resiko akan penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia atau sebaliknya yang biasa dikenal dengan penyakit Zoonosis. UPT Klinik Hewan tidak hanya berfokus pada hewan kesayangan saja, namun juga harus mempunyai perlengkapan untuk kesehatan hewan ternak, hewan yang menjadi sumber pangan bagi manusia.

Mulai berfungsi dan beroperasi pada awal tahun 2018 dengan mencatat jumlah pasien ditahun perdana sebanyak 815 pasien beragam jenis: Anjing, kucing, kelinci, ayam, burung, musang, kera dan ular. Dan 2 bulan di awal 2019 sudah mencapai 140 pasien, semoga tren ini bias terus meningkat sehingga kami juga bias terpacu untuk meningkatkan pelayanan kami.

Pelayanan jasa medik veteriter (pelayan kesehatan hewan) kepada masyarakat sampai saat ini masih bersifat pasif yaitu pasien yang dating ke Klinik Hewan, sedangakan pelayanan aktif (mobile/house call) masih dibatasi khusus hanya yang bersifat darurat/emergency. Dokter Hewan yang melakukan pelayanan saat ini berjumlah 3 orang yang dibantu oleh 2 orang paramedik veteriner dan keseluruhan pegawai UPT Klinik Hewan berjumlah 16 orang. Pelayanan yang sudah bisa diberikan  itu: vaksinasi, pemeriksaan dan pengobatan hewan, konsultasi, operasi sterilisasi hewan jantan maupun betina, operasi patah tulang sederhana, operasi caesar hewan kucing, anjing maupun sapi, x-ray dan sebagainya.

Tahun ini UPT Klinik Hewan terus mengembangkan diri dengan menambah personel Dokter Hewan serta Peralatan dan perlengkapan penunjang diagnose (USG, alat bedah tulang, alat laboratorium umum dan mesin pemeriksaan darah, mesin bius gas dsb). Kandang rawat inap juga akan dibangun sehingga dapat menambah performa dan semangat kami dalam melayani masyarakat Sumatera Utara. Pelayanan yang diberikan sampai saat ini masih “GRATIS” dikarenakan belum adanya dasar Peraturan Daerah/Peraturan Gubernur yang mengatur hal tersebut. Peraturan tersebut dibutuhkan untuk melindungi kami sebagai pelayan masyarakat agar menghindari Pungutan Liar dari Oknum, sekaligus hal tersebut juga mendidik masyarakat untuk berpartisipasi dalam pembangunan Provinsi Sumatera Utara yang Bermartabat dalam kontribusi Pendapatan Asli Daerah. Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Kasi Pelayanan Medik Drh. Rachmad Wahyudi, M.Si (Han) nomor WA: 081317861217 atau dating langsung ke lokasi pada saat jam kerja dinas.

BERITA TERKINI